SHI Sumsel adakan Pelatihan Pembibitan dan Penanaman Pohon

Palembang- Spora, Perubahan iklim global saat ini sudah sangat mempengaruh keberlangsungan kehidupan di permukaan bumi. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perubahan iklim adalah efek gas rumah kaca yang mengakibatkan kenaikan suhu muka bumi. Peningkatan suhu muka bumi ini antara lain disebabkan oleh aktivitas manusia dalam mengeksploitasi hutan yang berlebihan (deforestation).

Menghadapi persoalan ini Sarekat Hijau (SHI) Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan Pelatihan Pembibitan dan Penanaman Pohon pada tanggal 22-24 Agustus 2013 di Kantor Terpadu Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Palembang.  Menurut Ketua Panitia kegiatan, M. Hairul Sobri, peserta kegiatan berjumlah 28 orang yang terdiri mahasiswa penciinta alam dan pemuda tani dari berbagai wilayah di Sumsel.

Lebih lanjut, Sobri mengatakan bahwa peserta pelatihan ini akan menjadi pelatih-pelatih untuk kegiatan pelestarian lingkungan, khususnya penanaman pohon “Kita berharap peserta pelatihan ini akan terus mengembangkan diri untuk menjadi pelatih-pelatih pelestarian lingkungan. Kita akan membuat beberbagai kegitan untuk meningkatkan kapasistas mereka, khususnya untuk pembibitan dan penanaman pohon”, ungkap Sobri.

Pada hari pertama, Kamis, 22agustus 2013, pada 10.00 wib Pelatihan pembibitan SHI Sumsel 2013 secara resmi dibuka.  Acara pembukaan ini dihadiri oleh Presiden Mahasiswa Hijau Indonesia, Dedel caniago. Kepala Dinas pertanian perikanan dan kehutan kota palembang, Herry Hadi.dan perwakilan yayasan IDEP, Sayu Komang selaku trainer. Dibuka oleh kepala Dinas DP2K dengan diikuti pemberian plakat, oleh ketua sarekat Hijau Indonesia Sumsel sekaligus penyerahan baju kegitan kepeserta secara symbolis. Dilanjutkan ishoma dan materi Hutan kota dari DP2K oleh kebid Kehutan kota palembang, pak Bahrum. Pada 14.00 wib pelatihan dengan materi indentifikasi kondisi tanah oleh trainer dari yayasan IDEP, Sayu Komang. Sampai 15.30 wib. Pelatihan di lanjutkan besok harinya.

Pada hari kedua, Jumat, 23agustus 2013, pada 09.00 wib Pelatihan pembibitan SHI Sumsel 2013 dilanjutkan kembali. Dimulai dengan review dan evaluasi dari trainer dan dilanjutkan dengan materi pembibitan sampai pukul 12.00 wib ishoma sampai pukul 13.30 langsung prektek maeri pembibitan dari benih samapai pengelolaanya sampai pukul 15.00 wib

Sabtu, 24 agustus 2013, Pelatihan pembibitan SHI Sumsel 2013 dilanjutkan kembali. Pelatihan dimulai 09.00 wib dengan Praktek Teknik perbanyakan tanaman dengan cangkok dan okulasi Praktek tehnik perbanyakan tanaman dengan sambung pucuk dan penyusuan pengisian media ke polybag sampai 15.00  wib diskusi RTL dan pemaparan pesan dan kesan dari panitian, peserta dan trainer. (S01)