MUSKOM VI Solidaritas Perempuan Palembang Memperkuat Posisi Politik Perempuan

Palembang-Spora, Musyawarah Komunitas (MUSKOM) VI Solidaritas Perempuan Palembang yang diselenggarakan di Palembang 25-26 Januari 2020 mengambil tema Memperkuat Gerakan Politik Perempuan dalam upaya merebut kedaulatan. Diselenggarakan Muskom ini selain mempunyai tujuan pergantian pengurus baik Badan Eksekutif Komunitas (BEK) maupun Dewan Pengawas Komunitas (DPK), juga dimaksudkan untuk melakukan refleksi mengenai  posisi perempuan dalam proses pengambilan keputusan dalam rangka memainkan peran penting dalam pengarusutamaan gender di semua bidang kebijakan.

Menerut Ade Indriani Zuchri yang hadir pada acara tersebut, Soslidaritas Perempuan ke depan harus merebut posisi politik di lembaga publik dan organisasi di luar organisasi perempuan.  “Partisipasi politik ini adalah prasyarat mendasar untuk kesetaraan gender dan demokrasi sejati”, ungkapnya.

Lebih lanjut Ade mengungkapkan,  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sendiri mengadopsi Agenda 2030 untuk Resolusi pembangunan berkelanjutan yang mencakup 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs ke 5 membahas kesetaraan gender.  Untuk itu memajukan partisipasi politik perempuan sangat penting untuk memastikan perempuan  dapat  mempunyai kesempatan yang sama untuk kepemimpinan di semua tingkat pengambilan keputusan dalam politik.

Muskom VI ini dihadiri oleh seluruh anggota Solidaritas Perempuan Palembang dan perwakilan dari pengurus nasional, serta peninjau dari wilayah basis pengorganisasian yang ada di Sumatera Selatan.