SPI Menyelenggarakan Kemah Pemuda Tani dan Dialog Publik

Palembang, Spora – Serikat Petani Indonesia (SPI) Wilayah Sumsel akan menyelenggarakan Kemah Pemuda Tani dan Dialog Publik pada Tanggal 15-18 Juni 2012 di Bumi Perkemahan Cadika Palembang. Kemah ini akan dibuka secara resmi oleh Ahmad Ya’kub, Ketua Pemuda Tani Internasional untuk kawasan Asia Tenggaran dan Asia Timur pada Pukul 20.00 WIB (15/6). Menurut Syahroni, Ketua Departemen Pendidikan, Pemuda dan Kesenian Nasional DPP SPI , kemah ini mengambil tema “Peran Pemuda Tani untuk Kemajuan Organisasi Tani dan Perjuangan Agraria Sejati menuju Kesejahteraan dan Keadilan Sosial”

Materi yang disampaikan dalam kegiatan kemah ini adalah Sejarah perjuangan SPI, Peran Pemuda dalam Gerakan Petani dan politik Agraria, serta Perkembangan Gerakan Pemuda Tani Internasional.  Setelah diberikan beberapa materi pemuda tani akan diajak melakukan kunjungan di kampung-kampung miskin di Kota Palembang dan sekitarnya, selain itu mengunjungi supermarket dan mall tempat simbol kapitalisme. Kontradiksi ini akan dianalisis dan diekspresikan dalam bentuk tulisan, baik berupa artikel maupun karya seni seperti puisi, cerpen dan essai.

Lebih lanjut, Syahroni mengatakan bahwa acara kemah ini akan ditutup dengan kegiatan Dialog Publik pada Senin (18/6) Pukul 09.00-12.00 dengan Topik Pembaruan Agraria Abad 21: Peluang dan Tantangan Kedepan, dengan menampilkan Keynote Speaker Henry Saragih Ketua Umum DPP Serikat Petani Indonesia dan Koordinator La Via Campesina. (S02)